Thursday, February 18, 2016

TENTANG LAKSA TANGERANG DAN RESEPNYA !

Dulu penjual laksa di tangerang bisa dijumpai dibanyak pinggir-pinggir jalan kota tangerang. Tapi sekarang penjual laksa sudah dikumpulkan menjadi satu di daerah bernama kawasan kuliner laksa tangerang yaitu tepatnya berada diujung jl. Moh. Yamin atau yang biasa dikenal dengan LP Wanita Dewasa Tangerang.
Gurihnya kuahnya yang kekuningan ini sudah dikenal sejak lama. Makanan legendaris asal Tangerang ini merupakan warisan kuliner yang patut dilestarikan. Laksa Tangerang gurih disantap dengan telur ataupun daging ayam dan juga buras. Semangkuk laksa polos dihargai 5ribu rupiah saja, jika ingin tambah dengan telur hanya cukup menambah 2ribu saja jadi 7ribu rupiah, atau mau ekstra menggunakan ayam semangkuk porsi menjadi 13ribu rupiah.
Ketimbang laksa bogor ataupun laksa betawi, isi laksa tangerang lebih sederhana, cukup dengan mi putih yang berukuran sedikit besar kemudian disiram dengan kuah sayur yang menggunakan kacang hijau dengan taburan daun kucai dan sepotong ayam. Warna kuahnya tidak terlalu kuning seperti laksa Boro atau Betawi. Laksa Tangerang menggunakan mie berwarna putih yang terbuat dari beras dan ukurannya sedikit besar. Tekstur mienya cenderung lebih kasar tidak terlalu lentur dibandingkan dengan mie kuning. Rasa kuahnya gurih nikmat namun tidak bikin eneg meskipun menggunakan santan.
Saat disantap, terasa jejak kasar pada kuahnya karena ada taburan kelapa parut seperti serundeng di dalam kuahnya. Daging ayam pada laksa Tangerang ini telah dibakar terlebih dahulu karena ada jejak gosong di beberapa bagian dan aroma sangit saat dimakan. Ini membuat tekstur rasa di lidah yang unik dan tentu saja nikmat. Anda wajib mencoba Laksa Tangerang jika sedang berada dikota Tangerang.
INILAH RESEP CARA MEMBUAT LAKSA :
Bahan-bahan yang harus disiapkan buat Resep Laksa Bogor :
  1. Bumbu yang dihaluskan :
  • Bawang merah sebanyak 5 siung
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Kemiri sebanyak 3 butir
  • Kunyit sebanyak ½ cm
  • Ketumbar sebanyak 1 sdt yang disangrai
  • Garam sebanyak 1 sdt
  1. Bahan lainnya :
  • Ayam potong sebanyak ½ ekor
  • Udang, dibersihkan sebanyak 250 gram
  • Daun salam sebanyak 1 lembar
  • Serai sebanyak 1 batang yang dikeprek
  1. Bahan untuk topping :
  • Bihun sebanyak 125 gram (direndam dalam air panas)
  • Telur rebus sebanyak 2 butir ( dikupas dan dipotong)
  • Bawang goreng sebanyak 2 sdm
Cara Membuat Laksa Bogor yang Lezat :
  1. Langkah pertama dalam pembuatan resep laksa bogor adalah menumis bumbu yang telah dihaluskan dalam panci hingga tercium bau harum dari bumbu halus.
  2. Jika telah tercium bau harum, masukkan ayam yang telah dipotong-potong sesuai dengan selera, udang yang sudah dibsersihkan, daun salam, dan serta batang serai yang telah anda keprek sebelumnya. Masak hingga ayam mulai agak matang.
  3. Tambahkan santan pada masakan, tunggu hingga bumbu meresap ke ayam dengan api yang kecil.
  4. Jika bumbu sudah meresap pada ayam, angkat laksanya.
  5. Untuk menyajikan, siapkan mangkuk bersih, masukkan bihun, cabikan ayam, telur yang telah diiris, dan siram dengan kuah laksa yang telah anda buat tadi. Untuk sentuhan terakhir, berikan taburan bawang goreng diatasnya.

Demikian artikel tentang Makanan Khas Tangerang semoga merupakan artikel yang bisa memberikan informasi yang bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment